Gladi Tangguh Ambalan Trisula Trisakti

"Seseorang dikatakan hebat, jika dapat merubah posisi dirinya dari yang buruk menjadi yang lebih baik, dan dari yang baik menjadi yang tambah baik lagi. Dengan adanya pelantikan ini ditujukan pada setiap pribadi seseorang yang bertujuan untuk menumbuhkan sikap kepemimpinan yang bijaksana, berwibawa, dan penuh tanggung jawab."


     Gladi Tangguh Ambalan Trisula Trisakti atau disingkat GTATT adalah kegiatan rutin yang dilakukan di Ambalan Trisula Trisakti, ini merupakan salah satu kegiatan pelantikan dan pengukuhan yang dilaksanakan setiap tahunnya. GTATT ini melantik PRISMA (Pramuka Inti Senior SMA N 5 Semarang) menjadi Penegak Bantara. Bantara itu sendiri adalah tingkatan Syarat-syarat Kecakapan Umum pertama dalam satuan Pramuka Penegak sebelum Penegak Laksana.

       GTATT tahun 2017 dilaksanakan di SMA Negeri 5 Semarang. Terselenggaranya kegiatan ini pada tanggal 11-12 Agustus 2017. Kegiatan ini dimulai pada hari Jumat, 11 Agustus 2017 pada pukul 15.00 WIB dengan kumpul di SMA Negeri 5 Semarang. Sebelum melaksanakan kegiatan pelantikan ini, pertama diawali dengan apel pembukaan sebagai tanda awal dari pelantikan PRISMA 49 menjadi Penegak Bantara telah dibuka untuk mengawali kegiatan pelantikan. Setelah apel pembukaan terlaksana dengan khidmat, dilanjutkan dengan istirahat, salat dan makan bersama-sama.

    Setelah itu terdapat kegiatan Renungan Malam, yang dimana peserta benar-benar harus memantapkan diri dan memantaskan diri untuk dapat dilantik menjadi Penegak Bantara. Kegiatan tersebut selesai langsung dilanjutkan peserta untuk dapat beristirahat tidur. Dilanjutkan dini hari peserta dibangunkan untuk mengikuti kegiatan Caraka yang itu peserta harus melewati pos by pos yang telah diatur oleh panitia.

     Sabtu, 12 Agustus 2017 pukul 06.00 WIB semua peserta diperintahkan untuk mengganti pakaiannya dengan baju olah raga, dikarenakan setelah itu ada kegiatan senam pagi dilanjutkan dengan pengujian Syarat-syarat Kecakapan Umum (SKU) diantaranya terdapat dua materi di point SKU yang diujikan waktu pelantikan yaitu materi pionering dan materi PBB, ASEAN serta penyakit inveksi dan penyakit degeneratif. Telah usai kegiatan pada hari Sabtu, 12 Agustus 2017.

      Hari Sabtu, 12 Agustus 2017 pukul 15.00 WIB adalah prosesi dimana waktu yang paling ditunggu untuk setiap orang yang merasakan pelantikan. Sebelum itu dilaksanakannya upacara, setelah upacara pelantikan berjalan khidmat. Penyiraman menggunakan air bunga. Dilambangkannya PRISMA 49 dihari itu telah mengikuti pelantikan di SMA Negeri 5 Semarang yang terselenggara selama dua hari satu malam.

        Dengan adanya pelantikan ini semoga PRISMA 49 dapat menjalankan tugasnya dengan baik dan bisa bermanfaat untuk kedepannya sebagai Pramuka Penegak Bantara dan sebagai Dewan Ambalan Trisula Trisakti



Tidak ada komentar:

Posting Komentar